Cara Aktifkan Whatsapp di Blackberry Os10 (BB Z10, Z3 and Z30)

BBSPEC.BLOGSPOT.CO.ID || Di akhir tahun 2016 WhatsApp telah mengumumkan bahwa akan menarik dukungan-nya dari 5 sistem operasi mobile, termasuk BlackBerry dan BlackBerry 10.

Hal tersebut telah diungkap oleh WhatsApp dalam postingannya di blog resmi yang diunggah pada Jumat (26/2/2016) lalu. Adapun sistem operasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Nokia S40,
  • Nokia Symbian S60,
  • Windows Phone 7.1,
  • Android 2.1 dan Android 2.2, dan
  • BlackBerry (termasuk BlackBerry 10)
Menurut WhatsApp, hal itu dilakukan karena pihaknya ingin fokus ke platform mobile yang masih banyak dipakai di kalangan umum.
"Sistem operasi tersebut telah menjadi bagian penting sejarah kami, namun mereka tidak memiliki kemampuan yang bisa membuat kami berkembang di masa mendatang," demikian tulis WhatsApp.
WhatsApp pun menyarankan jika masih ada pengguna peranti mobile dgn sistem operasi di atas, maka sebaiknya beralih ke peranti Android, iPhone atau Windows Phone terbaru sebelum akhir 2016.

Jadi, bagaimana caranya untuk dapat menggunakan aplikasi whatsapp di blackberry? Dapatkah aplikasi whatsapp masih bisa digunakan di perangkat blackberry setelah menghentikan dukungannya? Akankah handphone seri BB Z dan Q series mendukung Whatsapp setelah 30 Juni 2017? Jawabannya iya! Anda masih bisa menggunakan WhatsApp di BlackBerry Z10, Z3, Z30, Q5 dan Q10, akan tetapi kini pertanyaannya adalah Bagaimana cara mengaktifkan whatsapp di perangkat blackberry anda? Karena WhatsApp sudah menghentikan dukungannya terhadap perangkat seri BlackBerry OS10.

Nah,,, oleh karena itu permasalahannya kebanyakan perangkat BlackBerry OS 10 series mampu menjalankan aplikasi untuk Sistem Operasi Android, namun meskipun mendukung aplikasi Android, Anda tetap tidak dapat menginstalnya. Setelah menginstal aplikasi yang menyertakan WhatsApp hasilnya error karena beberapa bug di perangkat BlackBerry OS 10. Kini anda dapat memperbaiki dan dapat menginstal perangkat Android WhatsApp di BlackBerry OS 10 dan itu tanpa ada masalah. 

Aktifkan Whatsapp di Blackberry Os10


Pertama, Perbaiki dulu bug tersebut anda hanya di perlukan untuk mendownload dan menginstal aplikasi "BlackBerry Runtime for Android Applications" yang tersedia di BlackBerry App World. Ini dikembangkan oleh BlackBerry Engineers untk memperbaiki beberapa bug serius dalam menjalankan dan menginstal aplikasi untuk Sistem Operasi Android pada perangkat berbasis BlackBerry OS 10 series.

Kedua, Anda silahkan download dan menginstalasi BlackBerry Runtime untuk Aplikasi Android di App World, untuk link tersebut silahkan drag link di samping lalu klik kanan open new tab: https://appworld.blackberry.com/webstore/content/39879918 

Ketiga, silahkan anda download versi terbaru WhatsApp dari situs resmi WhatsApp menggunakan PC atau BlackBerry dari Web Browser www.whatsapp.com/android/ 

Setelah mendownload, cukup buka dan pasang sebagai aplikasi Android normal, Namun mungkin sudah Anda lakukan berkali-kali di perangkat BlackBerry OS 10 series Anda masih sajah bug saat upload gambar atau dokumen lainnya. 

Ini Cara terakhir untuk penyelesaian masalahnya :
   Setelah memasang Whatsapp Android di BlackBerry beberapa pengguna menghadapi masalah dalam mengupload gambar, video dan dokumen yang hanya karena izin API yang tidak didukung oleh Blackberry. Anda bisa menginstal Whatsapp versi lama Download

Semoga bisa berguna dan trimakasig sob atas kunjungannya. Baca juga neh Cara Mengembalikan App FB Blackberry ke Versi Lama
Baca Juga

Popular posts from this blog

AUTOLOADER BLACKBERRY OS 10 (FIRMWARE BB Z10, Z3, Q10, Q5)

CARA ATASI LUPA PASSWORD LAYAR KUNCI PADA BLACKBERRY

Flash Samsung A8 SM-A530F / A8+ SM-A730F Firmware XID Dengan Mudah

Cek IMEI Blackberry dan Negara Pembuatan BB Asalnya

Mengatasi Error Login / Update Blackberry ID Account Information

Kelebihan Dan Kekurangan Blackberry Priv